Your Adsense Link 728 X 15

PEMBAGIAN UMUM ILMU HADITS

Posted by Anton Sanjaya Kamis, 05 Juli 2012 0 komentar
Dimulailah kemudian masa perkembangan ilmu hadits dengan berbagai macam bidang pembahasannya, seperti ilmu tarikh ar-ruwwah ( sejarah para perawi) , ilmu jarh wa ta'dil, ilmu gharib al hadits, ilmu mukhtalaf al-hadits, ilmu takhriij, serta tidak lupa ilmu mustholahul hadits. 


Namun secara umum, ilmu hadits dari bidang pembahasaanya bisa dibagi menjadi dua bagian besar :


Pertama : Ilmu hadits riwayah
Adalah ilmu yang membahas proses pemindahan/pencatatan apa-apa yang disandarkan pada Rasulullah SAW, baik yang berupa ucapan, perbuatan, ketetapan atau sifat akhlak dan sifat lahiriah beliau. Sehingga fokus pembahasan adalah haditshadits Rasulullah SAW itu sendiri dan proses perpindahannya. Manfaat ilmu ini adalah : menjaga sunnah dan memastikannya terbebas dari kesalahan dalam proses perpindahannya.


Kedua : Ilmu Hadits Diroyah
Yaitu kumpulan kaidah-kaidah dan permasalahan yang dengannya bisa diketahui kondisi/keadaan para perawi (rowi) dan yang diriwayatkannya (marwa), dari segi apakah bisa diterima atau tidak. Yang dimaksud dengan keadaan perawi adalah : Mengetahui kondisinya secara objektif baik ataupun kurang baik, dan apa-apa yang berhubungan dengan proses bagaimana dia meriwayatkan hadits. Fokus pembahasan ilmu ini pada sanad dan matan hadits, serta kondisi yang melingkupi keduanya. Manfaat utama dari pembahasan ilmu ini adalah mengetahui sebuah hadits bisa diterima atau ditolak. Pada perkembangan selanjutnya, Ilmu Hadits Diroyah juga biasa disebut dengan Ilmu Hadits saja, atau juga dengan sebutan Ilmu Mustholahul Hadits.

0 komentar:

Poskan Komentar

Materi Banyak Di Baca