Your Adsense Link 728 X 15

HADITS SHOHIH LIGHOIRIHI

Posted by Anton Sanjaya Jumat, 06 Juli 2012 0 komentar
Pengertian
Hadist Shohih lighoirihi adalah Hadist Hasan Li Dzatihi yang mempunyai riwayat dari jalan lain yang setara dengannya atau bahkan lebih kuat darinya. Dinamakan shohih lighoirihi (karena yang lainnya), karena keshahihan disini tidak muncul dari sanadnya tersendiri, tetapi karena bergabungnya sanad atau riwayat lain yang menguatkan hadits tersebut.

Tingkatan Hadits Shohih Lighoirihi
Tingkatannya termasuk tingkatan hadits hasan yang paling tinggi, tetapi dibawah shohih lidzatihi. Dan termasuk kategori khobaru maqbul , yaitu kabar atau periwayatan hadits yang diterima.


Contoh Hadits Shohih Lighoirihi
Hadits yang diriwayatkan dari Muhammad bin Amr dari Abi Salamah dari Abi Hurairoh bahwa Nabi SW bersabda :


Tingkatan hadits di atas masuk pada kategori hasan lighorihi. Menurut Ibnu Sholah : karena Muhammad bin Amr bin al-Qomah sebenarnya dikenal sebagai perawi yang jujur dan amanah, namun ia tidak termasuk mereka yang kuat hafalan. Sehingga sebagian mendhaifkannya karena termasuk orang yang lemah dalam hafalannya, namun sebagian lain menganggapnya tsiqoh karena kejujuran dan kemuliannya. Sehingga asli hadits ini masuk kategori hasan li dzatihi.


Namun kemudian diketahui bahwa hadits ini dikuatkan dengan jalur lain, yaitu oleh al A'raj bin Humuz dan sa'id al Maqbari dan yang lainnya, maka ketakutan lemahnya hafalan Muhammad bin Amr dalam hadits ini menjadi hilang, dan terangkat tingkatannya menjadi shohih lighoirihi.


[Taysîr Mushthalah al-Hadîts karya Mahmûd ath-Thahân- terjemahan oleh Abu Al
Jauzaa]

0 komentar:

Posting Komentar

Materi Banyak Di Baca